fbpx

Tips Belajar Membaca Alquran (Tahsin)

belajar membaca Alquran
Mulailah belajar membaca Alquran sekarang

Ada beberapa kiat atau tips untuk memudahkan kita dalam mempelajari Alquran khususnya dalam belajar membaca Alquran agar bacaan kita semakin baik atau berkualitas. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Memantapkan Niat

Niat merupakan pangkal dari segala sesuatu. Sebuah kegagalan itu terjadi karena niat yang salah dan tidak baik. Demikian pula, kesuksesan yang berhasil diraih oleh seseorang berpangkal pada niatnya yang benar dan kokoh. Itulah kenapa, niat menjadi pangkal sukses atau tidaknya seseorang dalam meraih segala sesuatu.
Oleh karena itu, agar kita sukses dalam menguasai bacaan Alquran dengan baik dan benar (tahsin tilawah) maka niat yang tertanam di dalam diri kita harus benar. Niat yang kita tanam dalam menempuh proses belajar tahsin tilawah adalah harus karena mengharapkan keridhaan Allah SWT, bukan untuk memperoleh pujian dari orang lain.

2. Yakinlah terhadap janji Allah SWT

Semua orang hanya perlu menanamkan rasa yakin bahwa ia bisa menguasai tahsin tilawah. Maka, ia benar-benar akan berhasil. Kita harus yakin bahwa belajar Alquran itu sangat mudah. Terlebih, Allah SWT telah menjamin tentang kemudahan dalam mempelajari Alquran agar dapat dijadikan pelajaran dan bekal hidup kita di dunia.

3. Belajarlah secara langsung

Membaca Alquran bisa dilakukan secara sendirian. Namun, belajar membaca Alquran tidak bisa dilakukan sendirian. Siapapun orangnya harus belajar secara langsung kepada seorang guru yang ahli agar sukses belajar tahsin tilawah. Ia harus berhadapan langsung dengan seorang guru sehingga benar atau setidaknya bacaannya bisa dengan mudah diketahui.

Dengan belajar secara langsung (mendengar, melihat, dan membaca dihadapan guru) kepada seorang guru yang ahli, hati kita juga semakin mantap untuk terus mengembangkan ilmu yang sudah kita capai. Sebaliknya, kita pun yakin sepenuh hati akan kesalahan yang kita lakukan dalam membaca Alquran secara langsung. Dan, karena itu, kita tidak mengulanginya di kemudian hari.

Belajar tahsin tilawah secara langsung dikenal dengan istilah talaqqi dan musyafahah. Talaqqi adalah bertatap muka, sedangkan musyafahah adalah membaca secara langsung dihadapan guru.

4. Teruslah berlatih membaca Alquran dengan konsisten

Sebenarnya, istiqomah ini berlaku dalam segala hal. Artinya, kita akan memperoleh kesuksesan dalam hal apapun jika kita melakukannya dengan konsisten. termasuk, kita akan berhasil menguasai tahsin tilawah jika kita konsisten dalam menempuh cara-caranya.

5. Biasakanlah dengan satu jenis tulisan

Dalam hal cara atau metode penulisan (rasm) huruf Arab, para ulama membagi dua jenis. Satu adalah cara rasm Utsmani, satunya lagi rasm imla’i. Jenis rasm utsmani digunakan untuk penulisan ayat-ayat Alquran. Sedangkan, jenis rasm imla’i dipakai untuk penulisan kata-kata Arab yang bukan Alquran dengan beragam aturan baku.

6. Perbanyaklah mendengarkan murattal Alquran

Murattal adalah cara membaca Alquran menggunakan kaidah yang benar dan lagu yang indah. Murattal bisa didengarkan secara langsung dari seorang guru atau melalui MP3. Dengan memperbanyak mendengarkan murattal, bacaan Alquran kita akan menjadi sempurna. Sebab, diri kita akan terdorong untuk meniru bacaan murattal yang indah dan sesuai dengan tajwid tersebut.

Demikian Tips Belajar Membaca Alquran (Tahsin), semoga kita bisa istiqomah untuk terus memperbaiki bacaan Quran aamiin yra. semoga tulisan ini bermanfaat aamiin yra.

WhatsApp chat WhatsApp Kami