Tiga Tahapan Belajar Membaca Alquran

belajar membaca Alquran
yuk belajar baca Alquran di Quran Edu Center

Hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu

Alquran berasal dari kata “qara’a” yang berarti “membaca” dalam bahasa Arab. Setiap surat dalam Alquran berkaitan dengan kejadian yang terjadi pada zaman Rasulullah SAW atau bahkan jauh sebelumnya. Setiap surat memiliki tema dan makna tertentu, namun surat-surat dalam Alquran sendiri tidak diurut secara kronologis. Oleh karena itu sangatlah penting bagi umat muslim untuk dapat membaca dan mengerti secara penuh makna masing-masing surat yang terdapat di dalam Alquran untuk kemudian dapat dijadikan pelajaran hidup.

Membaca Alquran sendiri bisa terbilang susah apabila tidak dibiasakan dari umur muda, apalagi bagi masyarakat Indonesia yang menggunakan alfabet berbeda dengan bacaan dalam Alquran, sehingga belajar membaca Alquran setara dengan belajar membaca bahasa berbeda (Arab). Berbeda dengan belajar bahasa, umat muslim di Indonesia pada umumnya tidak mementingkan pengertian arti setiap kata dalam Alquran, namun terlebih dahulu pada cara membaca Alquran. Oleh karena itu, tidak jarang menemui  umat muslim Indonesia yang dapat membaca Alquran dengan lancar namun tidak mengerti makna dari surat yang dibaca.

Tahapan dalam belajar membaca Alquran secara umum antara lain:

Belajar membaca (Tilawah)

Termasuk dalam tahap ini adalah pengenalan huruf arab serta penguasaan makhroj, panjang pendek bacaan serta tanda baca. Metode yang umum digunakan pada tahap ini adalah metode iqro, dimana semua seri bukunya umum dijual di toko buku lokal. Tahap ini tidak memakan waktu terlalu lama, apalagi bila memiliki niat dan disertai bimbingan guru.

Memperbagus lafal (Tahsin)

Termasuk dalam tahap ini adalah pembelajaran tajwid, yaitu memepelajari membaca Alquran dengan lebih baik dan sempurna. Dalam tahapan ini, penguasaan melalui praktek lebih diutamakan dari pengertian secara teoris karena berhubungan dengan pelafalan huruf (panjang dengung/tebal tipis dan lain-lain). Ada pula bacaan ghorib, yaitu kata-kata ganjil yang membutuhkan penjelasan sendiri karena berbeda dari lafadz umumnya.

Belajar dan mengahafalkan makna/arti (Terjemah)

Tahapan ini mencakup memahami arti tiap kata dalam Alquran yang umumnya disertai penghafalan surat untuk mempermudah proses terjemah. Tahapan ini membutuhkan waktu lama, oleh karena itu kebanyakan masyarakat muslim Indonesia yang berhalangan memilih menggunakan Alquran terjemah untuk mengetahui arti surat-surat dalam Alquran. Namun dengan memahami arti tiap kata InsyaAllah umat muslim dapat mengambil makna lebih dalam dari Alquran secara keseluruhan.

Berikut sekilas tahap-tahap dalam belajar membaca Alquran secara umum. Semoga dapat bermanfaat.