fbpx
belajar ngaji alquran

keutamaan belajar ngaji alquran di bulan puasa

Keutamaan belajar ngaji Alquran – Ngaji Alquran disini maksudnya ‘membaca Alquran’. Ada dua kononotasi yang berbeda namun saling berkaitan dan saling melengkapi. Pertama. belajar ngaji Alquran tentu jelas membuahkan pahala, biarpun terbata-bata/salah membacanya. Kedua, membaca Alquran juga tentu mendapatkan pahala yang besar dengan catatan tidak berhenti untuk belajar ngaji Alquran.

Bila tidak diiringi dengan belajar bersama guru yang ahli, sudah jelas dosa hukumnya. Karena tidak ada keseriusan untuk membenahi bacaan Alquran yang mengakibatkan berubah maknanya. Justru condong asal-asalan dalam membacanya karena tidak berusaha belajar ngaji Alquran, baik dari tahsinya dan tajwidnya. Terlebih lagi tidak mau tahu dengan Alquran. Na’udzubillah.

Keutamaan Belajar ngaji Alquran Di Bulan ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulannya Alquran. Dimana umat Muslim seluruh dunia berlomba-lomba investasi akhirat, seperti tadarusan, khataman Alquran dan sebagainya. Alquran diturunkan untuk dibaca oleh setiap Muslim, direnungkan dan dipahami makna, perintah dan larangannya, kemudian diamalkan.

Sehingga ia akan menjadi hujjah baginya di hadapan Tuhannya dan pemberi syafaat baginya pada hari kiamat. Allah telah menjamin bagi siapa yang membaca Alquran dan mengamalkan isi kandungannya tidak akan tersesat di dunia dan tidak celaka di akhirat. Dengan firman-Nya:

“.Maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” (Thaha: 123)

Janganlah seorang muslim memalingkan diri dari membaca kitab Allah, merenungkan dan mengamalkan isi kandungannya. Allah telah mengancam orang-orang yang memalingkan diri darinya dengan firman-Nya:

“Barang siapa berpaling dari Al-Qur’an maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar di hari kiamat.” (Thaha: 100) 

Kemudian Allah berfirman lagi di QS Thaha ayat 124 yang artinya;

“Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” (Thaha: 124)

baca juga: membenahi bacaan tajwid di ayat alquran tentang puasa

Diantara keutaman Alquran yang bersumber dari ayat-ayat Alquran sebagai berikut:

Pertama, firman Allah di QS An Nahl : 89

“Dan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (An-Nahl: 89)

kedua, firman Allah di QS Al Maidah : 15-16

” ……. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang- orang itu dari gelap-gulita kepada cahaya yang terang-benderang dengan seizin-Nya dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (Al-Maidah: 15-16) 

Ketiga, firman Allah di QS Yunus : 57

“Hai manusia, telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Yunus: 57)

baca juga: tata cara menghafal quran di zaman modern

keempat, yang bersumber dari Hadits Rasulullah Saw

Di dalam hadits shahih dari lbnu Abbas, Rasulullah bertemu dengan jibril pada bulan Ramadhan setiap malam untuk membacakan kepadanya Alquarnulkarim.

Hal itu menunjukkan dianjurkannya mempelajari Alquran pada bulan Ramadhan dan berkumpul untuk itu, juga membacakan Alquran kepada orang yang lebih hafal. Dan juga menunjukkan dianjurkannya memperbanyak belajar ngaji Alquran pada bulan Ramadhan.

Tentang keutamaan berkumpul di masjid-masjid untuk belajar ngaji Alquran, Rasulullah Saw bersabda:

“Tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah seraya membaca kitab Allah dan mempelajarinya diantara mereka, kecuali turunlah ketenangan atas mereka, serta mereka diliputi rahmat, dikerumuni para malaikat dan disebut-sebut oleh Allah kepada para malaikat di hadapan-Nya.”(HR Muslim) .

Share and Enjoy !

0Shares