fbpx

Cara Mudah Belajar Membaca Alquran Untuk Pemula

Berbagai tips cara mudah belajar membaca Alquran, Insyaa Allah Anda bisa mempelajarinya.
Berbagai tips cara mudah belajar membaca Alquran, Insyaa Allah Anda bisa mempelajarinya.

Cara mudah belajar membaca Alquran sepertinya wajib diketahui oleh para pemula terutama bagi para muslim. Hal ini bukan tanpa  alasan karena seorang muslim sendiri memang wajib untuk bisa membaca Alquran dengan baik dan benar. Hal ini bukan tanpa alasan karena saat sholat, pasti anda akan membaca surat-surat pendek yang terdapat di dalam Alquran bukan? 

Tak bisa dipungkiri jika tidak sedikit dari para muslim yang ternyata tidak mengetahui bagaimanakah cara membaca Al quran dengan baik dan benar. Bahkan tidak jarang dari mereka yang bahkan buta dengan huruf arab. Untuk itulah, sebaiknya belajar Al quran memang harus diajarkan kepada anak sejak dini agar mereka semakin mudah untuk mempelajarinya. 

Cara mudah belajar baca alquran dengan baik 

Cara membaca alquran yang baik dan benar wajib untuk anda ketahui dengan baik. Untuk anda yang merupakan seorang pemula, anda tidak perlu khawatir karena kami memiliki beberapa tips yang bisa anda gunakan agar bisa lancar dalam membaca alquran di dalam waktu yang cepat. 

1. Pengenalan huruf dasar hijaiyah 

Sebelum anda mengenalkan bagaimanakah bacaan yang ada di Alquran, maka cara untuk belajar membaca alquran yang baik adalah dengan mengenalkan terlebih dahulu dasar huruf hijaiyah tersebut. huruf hijaiyah ini sendiri merupakan ejaan bahasa arab yang terdapat di dalam bahasa asli alquran. 

Jika di dalam bahasa Indonesia, huruf hijaiyah ini adalah ABCD tetapi versi arab di Alquran. Untuk itulah agar memudahkan anda bisa membaca alquran, anda wajib untuk mengetahui huruf dasar hijaiyah terlebih dahulu. Terdapat setidaknya 29 huruf hijaiyah termasuk alif. 

2. Cobalah untuk mengenal harakat atau tanda baca di dalam alquran 

Adapun  cara mudah belajar alquran untuk pemula yang berikutnya adalah dengan mengenalkan harakat atau tanda baca yang ada di dalam alquran. Tanpa mengetahui tanda baca inilah maka anda tidak bisa membaca alquran dengan baik. Hal ini bukan tanpa alasan karena tanda baca tersebut akan menentukan bagaimanakah pengucapan huruf hijaiyah yang ada di dalam alquran. 

3, Cobalah mengenali bacaan tajwid 

Bukan hanya itu saja, tips lainnya yang bisa anda terapkan agar mudah belajar alquran adalah dengan mengenali bacaan tajwid dengan baik. Ilmu bacaan tajwid ini sendiri adalah ilmu yang berguna untuk mengetahui bagaimanakah membunyikan sebuah huruf dengan baik yang ada di dalam alquran. 

Sebagai contohnya apakah sebuah kata atau huruf di dalam alquran  akan bicara dengan berdegung, jelas ataukah samar-samar. Bisa dikatakan apakah tajwid ini merupakan grammar di dalam alquran. 

Belajar alquran sendiri memang tidaklah semudah apa yang ada di bayangan anda terutama bagi anda yang seorang pemula. Untuk itulah anda wajib mengetahui bagaimana cara mudah belajar membaca alquran untuk pemula