fbpx

Cara Cepat Belajar Tajwid Alquran Dengan Mudah

 

Cara cepat belajar tajwid Alquran
Tempat belajar membaca Alquran Jabodetabek, Surabaya dan Bandung

Cara cepat belajar tajwid Alquran memang wajib untuk anda ketahui. Hal ini tidak lain karena ketika anda belajar membaca alquran maka anda juga diwajibkan untuk mempelajari tajwid dengan tujuan supaya lebih bisa membaca alquran dengan baik dan benar. Hal ini tidak lain karena tajwid merupakan kunci utama ketika anda akan belajar alquran. 

Ilmu tajwid sendiri merupakan ilmu yang di dalamnya akan memberikan pemahaman mengenai cara mengucapkan huruf-huruf hijaiyah dengan baik dan benar yang terdapat di dalam alquran maupun bacaan yang menggunakan bahasa arab.  

Pentingnya belajar tajwid untuk lancar baca alquran 

Nantinya di dalam tajwid sendiri akan ada beberapa hal yang harus anda pelajari dengan baik seperti makhroj huruf, cara pengucapan huruf yang benar, panjang pendeknya bacaan hingga al khat al-utsmani.  Dengan belajar tajwid inilah dijamin anda akan lebih lancar di dalam membaca alquran. Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimanakah cara cepat belajar tajwid alquran, berikut ini caranya. 

1.Mengetahui macam-macam hukum bacaan terlebih dahulu

Tak bisa dipungkiri apabila cara membaca alquran yang baik dan benar memang menuntut anda untuk belajar tajwid terlebih dahulu. Adapun cara cepat pertama yang wajib anda ketahui agar bisa cepat di dalam belajar tajwid adalah dengan mengetahui macam-macam hokum bacaan yang terdapat di dalamnya. Adapun beberapa hokum bacaan tersebut diantaranya adalah. 

  • Izhar yang harus dibaca jelas dimana masih dibagi menjadi izhar halqi dan izhar syafawi. 
  • Ikhfa merupakan huruf di dalam alquran yang harus dibaca dengan sama. Ikhfa sendiri dibagi menjadi dua macam yakni ikhfa haqiqi dan ikhfa  syafawi. 
  • Idgham berarti meleburkan. Maksudnya di sini adalah meleburkan huruf nun mati/tanwin. Idgham di bagi menjadi 6 di antaranya adalah idgham bighunnah, bilaghunnah, mislain, mutaqaribain, mutajanisain dan muatmatsilain. 
  • Qalqalah merupakan  hokum bacaan dimana untuk cara bacaannya seakan-akan memantul. Untuk huruf qalqalah ini sendiri masih dibedakan menjadi 2 yakni qalqalah sugro dan qalqalah kubra. 

2. Belajar tanda-tanda wakaf tajwid 

Adapun cara cepat belajar tajwid alquran dengan baik dan benar adalah dengan mempelajari tanda-tanda wakaf tajwid dengan baik. Waqaf sendiri artinya adalah berhenti. Yakni  anda harus berhenti membaca alquran baik di akhir maupun di pertengahan. Ada beberapa tanda waqaf tajwid yang perlu anda perhatikan dengan baik. 

3. Segera praktikkan 

Agar anda bisa segera mahir di dalam membaca alquran dengan baik maka langkah yang berikutnya adalah anda bisa segera mempraktikkannya sekarang juga. Ada baiknya did dalam mempelajari alquran, anda juga didampingi dengan ahlinya. 

Belajar tajwid sendiri memang menjadi hal yang wajib agar anda bisa membaca bacaan yang ada di dalam alquran dengan baik. Untuk anda yang bingung, cara cepat belajar tajwid alquran diatas bisa menjadi solusi anda.