fbpx
Salah satu obat hati adalah membaca Al-Qur'an

Cara Cepat Belajar Baca Al Quran

Salah satu obat hati adalah membaca Al-Qur'an.
Salah satu obat hati adalah membaca Al-Qur’an

Cara Cepat Belajar Baca Al Quran- Al Quran adalah kitab suci umat Islam yang mana adalah pedoman yang akan mengantarkan manusia menuju kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat.

Orang yang membaca Al Quran dengan lancar akan diberikan kemuliaan bersama para malaikat Allah. Pahala membaca Al Quran itu berlipat-lipat, satu hurufnya diganjar satu kebaikan, kemudian dilipatkan menjadi sepuluh kali. 

Al Quran adalah pembawa kebaikan dan salah satu syafaat yang paling dinanti-nantikan di hari akhir kelak. Orang yang membaca Al Quran akan ditinggikan derajatnya dalam surga. Selain itu, Al Quran adalah obat bagi hati-hati yang sedang susah. Quran adalah penenang dan pembawa kedamaian dalam hati siapa saja yang membacanya.

Namun jika Anda sendiri mengalami kesulitan dalam membaca Al Quran, bagaimana Anda dapat mengetahui inti dari pedoman hidup menuju kesuksesan seperti yang dijanjikan Al Quran? Padahal, interaksi pertama antara manusia dengan Quran adalah dengan membacanya.

Zaman sekarang banyak cara cepat belajar baca Al Quran karena kemudahan akes teknologi, pengetahuan dan informasi. Sebelum menuju ke belajar Al Quran, kita ketahui terlebih dahulu tata cara membaca Al Quran sebagai pengingat.

Tata cara membaca al quran -1

Tidak ada niat yang lain selain karena Allah dalam membaca Al Quran. Ikhlas sehingga pahala ibadah akan didapatkan. Selain itu, membaca Al Quran dengan niat yang ikhlas akan membuat kita lebih fokus dan khusyuk karena konsentrasi, menghayati dan merenungi kalimat-kalimat yang ada dalam Quran. Itu adalah bentuk-bentuk dari memuliakan Al Quran ketika membacanya. 

Membaca Al Quran sebaiknya berada dalam keadaan dan tempat yang suci. Dianjurkan orang yang mau membaca untuk berwudhu terlebih dahulu, sehingga terhindar dari hadast besar maupun hadast kecil. Dianjurkan juga bersiwak terlebih dahulu yang merupakan salah satu sunnah nabi.

Untuk menjaga kesucian Al Quran pula, usahakan membaca di tempat yang juga suci dan bersih. Haram hukumnya membaca ataupun menyebut kalam Allah di WC (Water Closet). Tempat suci yang terbaik adalah masjid. Membaca Al Quran di masjid akan memperoleh keutamaan memakmurkan masjid.

Membaca ta’awudz untuk menjauhkan diri dari gangguan setan kemudian dilanjutkan membaca basmalah, kecuali pada surat At Taubah. Surat At Taubat sendiri tidak dibacakan basmalah pada permulaan surat dikarenakan berisi tentang perang dan kejahatan orang-orang musyrik.

Usahakan menghadap kiblat, di mana ini adalah salah satu sunnah bermajelis. Hormati Al Quran, ketika memegang dan ketika meletakkan Al Quran.

Tata Cara Membaca Al Quran -2

Jangan lupa memelankan suara ketika ada orang lain yang sedang shalat di dekat kita, supaya tidak mengganggu kekhusyukan ibadah orang lain. Perindahlah bacaan Quran, namun semata-mata karena bentuk memuliakan kalam Allah. Hindari membagus-baguskan suara secara berlebihan supaya dipuji orang lain dan bentuk upaya kagum pada diri sendiri. Jika merasa takut takabur, maka sebaiknya dilirihkan. 

Membaca Al Quran dengan tartil adalah tata cara selanjutnya. Tartil artinya membaca sesuai dengan kaidah bacaan, tajwid yang benar. Ilmu tajwid sendiri dihukumi wajib bagi tiap-tiap muslim. Hal ini karena membaca Al Quran, apabila tidak sesuai kaidahnya, misalnya makhraj huruf (tempat keluarnya huruf), harakat (tanda baca), panjang pendeknya huruf maka dikhawatirkan akan mengubah makna asli Al Quran. Anda harus mengetahui cara membaca al quran yang benar.

Ini bisa berakibat dosa dan dihukumi haram apabila sengaja dilakukan. Kuncinya adalah tidak terburu-buru terutama yang masih belajar membaca Al Quran dengan benar.

Belajar Al Quran

Orang-orang saat ini mencoba belajar baca al quran cepat bisa, apalagi yang baru saja memulainya. Namun, perlu disadari bahwa niat belajar dengan ikhlas adalah yang utama. Asalkan Anda bersungguh-sungguh dan giat maka Anda akan mudah belajar.

Belajar membaca Al Quran dengan cepat sebaiknya didampingi oleh guru yang juga fasih dan lancar dalam membaca Al Quran. Keutamaan adanya guru adalah Anda akan lebih mudah dibimbing dari dasar jika Anda baru saja memulainya, selain itu, guru akan membantu mengoreksi bacaan-bacaan yang masih salah hingga Anda lancar membacanya.

Belajar Al Quran dimulai dengan pengenalan huruf-huruf hijaiyah, yang terdiri dari 29 huruf hijaiyah. Selanjutnya adalah harakat atau tanda baca yang bertujuan untuk menentukan pengucapan huruf. Adapun tempat keluarnya huruf hijaiyah biasanya lebih mudah dilatihkan jika sudah diberi harakat.

Selanjutnya adalah sifat-sifat yang ada pada huruf-huruf hijaiyah tersebut ketika dibaca, yang terdiri dari sifat berlawanan dan sifat tak berlawanan. Kemudian hukum-hukum bacaan yang terdiri dari hukum nun dan mim. Selain itu ada mad untuk mengetahui berapa harakat panjang suatu huruf ketika dibaca.

Anda juga belajar waqaf (cara berhenti) dan washal (cara melanjutkan) nantinya supaya ketika hendak menyelesaikan suatu ayat, Anda berada pada tempat yang benar. Ini merupakan salah satu adab, yaitu mengakhirkan bacaan pada tempat yang seharusnya. Memotong ayat yang tidak sesuai dapat mengubah makna Quran.

Jika Anda ingin mengetahui cara cepat belajar Al Quran sendiri, maka Anda perlu sumber-sumber pengetahuan lain, seperti buku tajwid dan metode-metode membaca Al Quran. Anda juga dapat mencari video tutorial tajwid untuk mendukung sumber-sumber bacaan Anda, sehingga bisa mempraktikan cara cepat belajar baca Al Quran sendiri.

Rekomendasi belajar membaca al quran untuk pemula yang belum sampai pada Al Quran memang sebaiknya menggunakan guru yang akan membimbing bacaan Anda. Pilih guru yang fasih dalam membaca Al Quran dan memiliki pengetahuan yang sesuai dengan yang ingin Anda pelajari.

Tips Belajar Mengaji Sendiri

Cara cepat belajar membaca al quran adalah dengan berlatih secara teratur dengan meluangkan waktu yang cukup. Anda harus berinteraksi dengan Al Quran sesering mungkin. Ini akan membantu Anda semakin lancar. Metode mengulang-ulang bacaan hingga benar sangat dianjurkan supaya menjadi kebiasaan ketika dihadapkan pada Al Quran nantinya. Praktik yang diulangi terus menerus akan membuat Anda menjadi terbiasa membaca dengan benar.

Cara cepat belajar mengaji sendiri kuncinya adalah pada keseriusan dan kesungguhan Anda. Jika Anda bersungguh-sungguh ingin belajar dan niat karena mengaharp ridho Allah dengan membaca Quran secara tartil, maka Anda akan mendapatkan apa yang Anda niatkan.

Jangan khawatir, meskipun Anda terbata-bata, Anda juga masih akan mendapatkan pahala, yaitu pahala membaca Al Quran dan pahala akan usaha Anda untuk membacanya. Belajar cara membaca Al Quran dengan tajwid sebaiknya pada ahlinya, yang juga memiliki tajwid sempurna, supaya Anda tidak terjerumus pada kesalahan bacaan.

Cara cepat belajar Al Quran memerlukan ketekunan, kesabaran, dan keluangan waktu Anda. anda menginginkan hasil yang baik dan maksimal bukan? Anda berharap Anda dapat membaca Al Quran dengan tartil sesuai yang dianjurkan. Maka usahakan dengan sungguh-sungguh. Jangan putus asa walaupun Anda mengalami kesulitan dalam mengucapkannya.

Adanya guru yang juga memiliki bacaan fasih dan benar akan membantu memperbaiki bacaan Anda. selain itu, adanya guru tersebut akan menjadi pengingat ketika sewaktu-waktu Anda merasa malas ataupun merasa kurang bersemangat. Jika Anda berada pada posisi ini, maka ingat kembali tujuan awal Anda untuk membaca Al Quran.