fbpx

Cara Belajar Membaca Al Quran

Saat Pandemi Covid-19 ini sebaiknya mepelajari Cara Belajar Membaca Al Quran secara Online
Saat Pandemi Covid-19 ini sebaiknya mepelajari Cara Belajar Membaca Al Quran secara

Umat Islam yang kaffah akan meyakini bawah Al Quran adalah kalam Allah yang isinya di antara lain adalah pedoman hidup di dunia untuk meraih surga Allah di akhirat kelak. Quran sendiri berisi tentang perintah, larangan, nasihat, juga kisah-kisah zaman dahulu yang tujuannya adalah supaya kita dapat mengambil pelajaran pada apa yang telah terjadi.

Menempatkan Al Quran di atas segala aturan dan norma manusia adalah kewajiban setiap muslim. Jaminannya adalah dijatuhkan dari kedzaliman, sukses dunia akhirat.

Cara paling pertama berinteraksi dengan Al Quran adalah dengan membacanya. Jika Anda sudah lancar dalam membaca kemudian Anda menghafalkannya. Setelah menghafalkan, kemudian Anda harus mengerti artinya. Selanjutnya adalah memahami tafsir Al Quran supaya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Anda tidak akan pernah bisa lepas dari Quran karena Anda akan membacanya minimal ketika shalat. Bacaan Al Quran yang benar akan mengantarkan shalat Anda menjadi lebih khusyuk.

Membaca Al Quran dengan tajwid adalah diwajibkan bagi setiap muslim. Rasulullah telah mencontohkan kepada kita bagaimana cara untuk menerapkan hukum-hukum tajwid, membaca Al Quran dengan fasih dan benar.

Al Quran adalah firman Allah yang diturunkan kepada Rasulullah, membacanya bernilai ibadah. Mengapa umat Islam harus mengetahui cara belajar membaca Al Quran? Mari kita simak pembahasan berikut.

Pentingnya membaca Al Quran

Pentingnya membaca Al Quran diajarkan sejak anak masih dini. Orang tua sebaiknya membiasakan anak-anaknya untuk belajar mengaji Al Quran dengan guru yang tepat.

Orang yang ahli Al Quran adalah termasuk keluarga Allah. Selain itu, satu huruf dalam Al Quran bernilai satu kebaikan yang akan dilipat gandakan hingga sepuluh kali lipat. Orang yang membaca Al Quran dijanjikan pahala yang berlipat-lipat. 

Membaca Quran akan menaikkan tingkatan surga yang lebih tinggi, baik itu kedudukan maupun tempat tinggal kelak. Orang yang mahir membaca Al Quran akan bersama dengan para malaikat yang mulia.

Apakah Anda pernah merasa gelisah, cemas, atau resah? Jika iya, maka bacalah Al Quran. Al Quran mendatangkan ketenangan bagi siapa saja yang membacanya, apalagi jika membacanya berkumpul bersama dengan orang-orang shalih dan shalihah.

Dalam dunia ini orang boleh iri kepada dua orang saja, yaitu orang yang dikaruniai Al Quran kemudian membacanya pada waktu siang atau malam, dan orang yang dikaruniai harta dan menginfakkannya.

Membaca Al Quran akan melembutkan hati Anda, juga hati orang yang mendengarkan bacaan Anda. Bagi Anda yang sering membaca Al Quran, Anda juga akan dijanjikan memperoleh syafaat dari Quran yang Anda baca di hari akhir kelak.

Tajwid Al Quran

Belajar tajwid Al Quran sejak dini sangat penting. Mereka jadi terbiasa membaca dengan fasih dan benar. Satu huruf yang salah dan berakibat mengubah makna adalah sangat fatal ketika kita membaca Al Quran.

Sebenarnya apa itu tajwid? Tajwid adalah cara belajar baca Al Quran dengan tujuan untuk memperbaiki bacaan Al Quran yang diperoleh ketika seseorang membaca dengan memenuhi hak-hak huruf (makhraj dan sifat huruf).

Anda yang sudah belajar tajwid sejak dini tentu lebih mudah dalam membaca Al Quran, lebih sering membacanya karena sudah lancar dan tidak takut salah, serta lebih banyak surah-surah yang dibacanya dalam jangka waktu tertentu.

Sementara orang yang masih belum benar tajwidnya, cenderung terbata-bata, perlahan dan bisa jadi membutuhkan waktu lebih lama hanya untuk mengucapkan satu huruf secara benar. Maka bagi yang merasa belum lancar Anda wajib mengetahui cara belajar membaca Al Quran, tidak ada kata terlambat berapapun usia Anda.

Belajar Al Quran untuk pemula

Belajar baca Al Quran pemula dapat dimulai dengan berguru pada orang yang tepat. Anda dapat mencari orang yang Anda percayai untuk mengajari Anda mengaji, keutamaan adanya guru adalah Anda dapat mengerti letak kesalahan Anda, pun seorang guru biasanya memiliki metode tertentu supaya Anda dapat belajar dengan cepat.

Adapun cara belajar mengaji sendiri dapat Anda lakukan dengan membaca buku-buku tentang tajwid yang bisa Anda dapatkan melalui rekomendasi orang lain. Sebaiknya Anda tetap mencari orang lain yang lebih paham soal Al Quran supaya Anda terhindar dari kesalahan.

Anda memulai dengan belajar cara membaca huruf hijaiyah.  Huruf hijaiyah terdiri dari 29 huruf, dimulai dari huruf alif hingga huruf ya. Harakat adalah tanda baca yang akan menentukan pengucapan huruf hijaiyah. Adapun tiga harakat utama adalah fathah, kasrah, dan dhammah.

Selanjutnya membaca sesuai dengan tempat keluar huruf yang utama, yaitu tenggorokan, rongga mulut, lidah, bibir, dan rongga hidung. Ini seharusnya menjadi pelajaran yang paling dasar jika Anda ingin cara cepat belajar Al Quran.

Kenyataannya, banyak yang ketika mengaji di usia belia tidak memilih guru yang tepat. Sehingga orang tadi cenderung membaca tidak sesuai bacaan (makhraj huruf) yang benar hingga kemudian orang itu dewasa. Akibatnya mereka akan mengulang makhraj dari dasar kembali. Padahal, ketika sudah dewasa tentu saja membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menyerap pengetahuan baru dan menjadikannya kebiasaan baru, membaca dengan fasih dan benar.

Belajarlah Al Quran secara istiqomah

Cara cepat belajar mengaji adalah dengan bersungguh-sungguh dan sesering mungkin berlatih. Bacalah supaya lidah Anda terbiasa. Jika Anda belum benar dalam membaca makhraj huruf dhad misalnya, jangan sekali-kali melanjutkan huruf berikutnya. Ulangi terus-menerus hingga bacaan Anda sudah dianggap benar oleh guru Anda.

Kemudian, jika Anda telah selesai mempelajari perihal tajwid, Anda perlu mengetahui cara lancar membaca Al Quran. Bacalah Al Quran sesering mungkin. Adapun seseorang yang belum lancar sesungguhnya mendapatkan dua pahala, yaitu pahala membaca Al Quran dan pahala usaha yang dilakukan meskipun terbata-bata.

Ada banyak metode belajar membaca Al Quran di luar sana yang tujuannya jelas untuk membantu Anda membaca Al Quran dengan tartil.

Beberapa metode yang terkenal di antaranya adalah Iqra’, Qira’ati, Tartili, dan sebagainya. Itu tergantung dari Anda yang memang secara khusus ingin belajar metode tertentu sehingga mencari guru yang juga mengajarkan metode tersebut, atau Anda yang secara tidak langsung mendapatkan guru yang memang menguasai metode tersebut.

Mendapatkan metode sesuai yang Anda inginkan sebenarnya lebih utama, karena Anda memiliki tujuan terlebih dahulu yang dapat dijadikan motivasi untuk semakin giat belajar Al Quran.

Sekian pembahasan mengenai cara belajar membaca Al Quran. Sesungguhnya belajar Al Quran itu hingga akhir hayat.  Maka, bersegeralah Anda dapatkan guru yang dapat membimbing Anda dan menuntun Anda untuk memperbaiki kesalahan bacaan yang Anda lakukan.

Luangkan waktu Anda dengan sungguh-sungguh dilandasi niat ridho Allah. Kemauan yang kuat dengan dilandasi niat yang utuh akan mengantarkan Anda pada keikhlasan meluangkan waktu untuk belajar Al Quran secara penuh.

Belajar dimanapun Anda berada, selain majelis ilmu, Anda bisa juga belajar dengan mencari (browsing) informasi mengenai Al Quran dari sumber-sumber yang terpercaya.