fbpx
Belajar tajwid pemula

belajar tajwid pemula di surat an naba ayat 17-18

Belajar tajwid pemula – Merupakan hal yang mendasar bila manusia diliputi rasa haus dalam menuntu ilmu. Seperti belajar tajwid pemula maupun ke tingkat lanjut. Alangkah eloknya dalam membaca Al Quran harus sesuai kaidah tajwid dan hukumnya fardhu kifayah.

Quran Edu Center tidaklah hadir sebagai wacana namun memberikan bukti nyata pesatnya era digital, yang justru membantu umat Islam dalam belajar Al Quran. Terlepas itu online maupun ofline.

Belajar tajwid pemula an naba 17-18

Teman-teman alangkah baiknya membaca artikel kami sebelumnya agar lebih sinkron dicerna. Ingat, jangan hanya teori namun harus dipraktikan bersama mentor yang menguasai di bidang Al Quran.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

(18) اِنَّ يَوۡمَ الۡفَصۡلِ كَانَ مِيۡقَاتًا (17) يَّوۡمَ يُنۡفَخُ فِى الصُّوۡرِ فَتَاۡتُوۡنَ اَفۡوَاجًا

اِنَّ يَوۡمَ الۡفَصۡلِ كَانَ مِيۡقَاتًا

اِنَّ

Nun bertasydid hukumnya ghunnah. Ghunnah adalah, apabila setiap huruf mim dan nun yang bertasydid maka dibaca dengung dua harakat tempo lambat.

يَوۡمَ

Teman-teman fokus di huruf Wau sukun yang sebelumnya berharakat fathah ini disebut mad layyin. Dan ingat bacanya tidak boleh terdengar ada O-nya ‘yaoma’ tapi yang benar itu ‘yauwma. Wau sukun menjadi huruf U dan mulut itu monyong ke depan.

baca juga: tajwid an naba 1-3

مَ الۡفَصۡ

Fokus di huruf lam sukun bertemu dengan Fa, maka dibaca idzhar aliflam qomariyah. Sangat salah bila dibaca tawallut ada huruf E ‘yaumalekfasli’ tapi yang benar itu ‘yaumal-fashli’. Dinamakan idzhar aliflam qomariyah apabila lam sukun/lam alif bertemu dengan huruf-huruf qomariyah.

Huruf qomariyah diantaranya:

ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه

كَا

Fokus di huruf Kaf yang berharakat fathah bertemu alif, maka bacanya panjang dua harakat karena disebut mad thabii. Huruf mad asli/thabii itu ada tiga yakni:

  1. Apabila huruf Alif sebelumnya berharakat fathah
  2. Kemudian huruf Wau sukun yang apabila sebelumnya berharakat dhammah
  3. Dan huruf Ya sukun yang huruf sebelumnya itu berharakat kasrah

مِيۡقَ

Nah ini dia ya sukun sebelumnya ada harakat kasrah maka dibaca mad thabii. Sin nya harokat kasroh terus Ya’ nya berharakat sukun.

قَا

Sangat jelas sekali huruf Qof ini dibaca mad thabii karena fathah bertemu alif.

تًا

baca juga: tajwid an naba 11-12

Fokus di huruf Ta ت itu ada dua hukum dengan rincian; apabila berhenti maka hukumnya mad iwad, yang awalnya fathahtain berubah menjadi fathah dengan panjang dua harakat. Kemudian dibaca dengan hukum yang berbeda apabila diwashalkan (disambung) tentunya mengikuti hukum tajwid dihuruf sesudahnya. Kalau di ayat ini bila disambung maka hukum idhgam biguhnnah naqis.

يَّوۡمَ يُنۡفَخُ فِى الصُّوۡرِ فَتَاۡتُوۡنَ اَفۡوَاجًا

يَّوۡ

Teman-teman fokus di huruf Wau sukun yang sebelumnya berharakat fathah ini disebut mad layyin. Dan ingat bacanya tidak boleh terdengar ada O-nya ‘yaoma’ tapi yang benar itu ‘yauwma. Wau sukun menjadi huruf U dan mulut itu monyong ke depan.

يُنۡفَ

Fokus di huruf nun sukun bertemu dengan huruf Fa, maka hukumnya disebut ikhfa dengan panjang dua harakat tempo lambat.

خُ

Huruf Kho disini termasuk bacaan isti’la yang mengharuskan kamu membacanya dengan tafkhim (tebal) dan posisi mulut monyong ke depan karena Kho nya berharakat dhommah.

فِى

Sudah jelas karena huruf Fa nya kasroh bertemu ya sukun maka dibaca mad thabii.

الصُّوۡ

Ini juga mad thabii karena huruf Shod nya berharakat dhammah bertemu dengan wau sukun. Ingat ya harus panjang dua harakat tidak boleh kurang bahkan lebih.

رِ

Berhubung Ro nya berharakat kasroh maka dibaca Tarqiq (tipis) dan ingat getarannya hanya sekali saja ya.

فَتَاۡتُوۡ

Teman-teman fokus di huruf Ta nya ada dua yang sama-sama keduaya dibaca hames (berdesis). Kemudian di Ta yang kedua dibaca mad thabii karena dhammah bertemu wau sukun.

اَفۡوَا

Fokus dihuruf Fa sukun dan bacanya harus jelas, bukan tawallut apalagi qolqolah. Sangat salah bila bacanya ‘afekwaja’ tapi yang benar itu ‘af-waa jaa’. Kemudian fokus di huruf wau itu bacanya panjang dua harakat karena disebut mad thabii.

baca Juga: tajwid an naba ayat 4-7

جًا

Fokus di huruf Jim ج itu ada dua hukum dengan rincian; apabila berhenti maka hukumnya mad iwad, yang awalnya fathahtain berubah menjadi fathah dengan panjang dua harakat. Kemudian dibaca dengan hukum yang berbeda apabila diwashalkan (disambung) tentunya mengikuti hukum tajwid dihuruf sesudahnya.

Share and Enjoy !

0Shares