fbpx

Pentingnya Mengaji

Belajar Ngaji
Belajar Ngaji Alquran Jakarta, Surabaya, Bandung

Al-Quran merupakan salah satu Mukjizat yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW untuk umat manusia yang nantinya dijadikan pedoman (petunjuk) bagi manusia agar manusia menuju jalan yang benar dan lurus.

Membaca Al-Quran atau yang biasa kita sebut sebagai mengaji merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua umat muslim di dunia. Adapun perintah untuk mengaji ada pada surat Muzammil ayat 1-4 yang artinya “Hai orang-orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan.”

Dari Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Quran) maka baginya satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif Lam Mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” satu huruf dan “Mim” satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Adapun tahapan-tahapan yang untuk belajar ngaji antara lain:

  1. Niatkan semata-mata karena Allah SWT
  2. Berwudhu dengan benar
  3. Awali dengan membaca Basmallah, Kecuali surah-surah tertentu (At-Taubah)
  4. Baca Al-Quran dengan baik dan benar (Kalaupun belum lancar tidak apa)
  5. Akhiri dengan doa penutup

Dari Aisyah Ra., Rasulullah bersabda,” Orang yang ahli dalam Al-Quran akan bersama para malaikat pencatat yang mulia lagi benar. Dan orang-orang yang terbata-bata dalam membaca Al-Quran serta bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.” (HR. Bukhari, Muslim Abu Dawud)Akhiri dengan doa penutup

WhatsApp chat WhatsApp Kami