fbpx

Mengajarkan Belajar Baca Alquran kepada anak

belajar baca Alquran
Tempat belajar baca Alquran Surabaya, Bandung dan Jabodetabek.

Mengajarkan belajar baca Alquran merupakan salah satu cara kita meraih surganya Allah SWT, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila manusia mati maka amalnya terputus kecuali karena tiga hal : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakan orang tuanya. ( HR Ahmad  9079, Muslim 4310, Abu Daud 2882 dan lainnya)

Anak merupakan penghias dalam rumah tangga, kehadirannya sangat dinantikan dan merupakan salah satu tujuan dari pernikahan. Anak diharapkan menjadi generasi penerus yang dapat meningkatkan derajat orangtuanya baik di dunia maupun di akhirat.

Sehingga orangtua berusaha sebaik mungkin untuk memberikan bekal terbaik untuk anak-anaknya supaya bisa survive dalam menjalani kehidupan. Banyak sekali orangtua yang berusaha memberikan pendidikan formal terbaik untuk anak-anaknya. Mereka mencarikan sekolah terbaik, memberikan les ini-itu, memberikan fasilitas terbaik dan terlengkap untuk mendukung perkembangan akademik anak-anaknya.

Namun, selain di bidang akademik yang bersifat ke-duniawi-an, anak-anak juga harus diberikan bekal untuk urusan akhirat. Diajarkan cara sholat, dikenalkan tentang Allah dan cara menyembahnya, belajar baca Alquran, serta hal-hal yang baik dan buruk.

Mengajarkan belajar baca Alquran kepada anak, seperti yang terdapat dalam syair-syair lagu “…bagai mengukir diatas batu”, yang berarti akan teringat dan sulit hilang hingga waktu yang lama. Mengapa anak harus diajarkan tentang al-quran sedari kecil? Karna Alquran yang akan menjadi petunjuk bagi kehidupan. Bisa membaca alquran adalah hak setiap anak dari keluarga muslim, karena Alquran adalah permulaan dari tiap ibadah. Alquran adalah kunci untuk selamat di dunia dan di akhirat. Serta sebagai salah satu wasilah doa untuk orangtua jika sudah meninggal.

WhatsApp chat WhatsApp Kami