fbpx

Aku dan Al-Quran

belajar baca Alquran
Tempat belajar baca Alquran Jabodetabek, Surabaya dan Bandung

Alquran mempunyai peranan yang sangat penting bagi ummat. Diantaranya adalah sebagai petunjuk, tidak hanya bagi ummat islam saja (hudan li al-muttaqin) , tapi ummat seluruh alam semesta (hudan li an-nas). Dan bagaimana mungkin kita menjadikan alquran sebagai petunjuk jika kita bahkan tidak pernah berinteraksi dengan al-quran.

Ada beberapa interaksi dengan al-quran, diantaranya adalah membaca, menghafal, memahami dan mengamalkannya. Membaca Alquran adalah satu dari sekian jenis ibadah yang diperintahkan atas setiap Muslim. Dalam wahyu pertama yang diturunkan, dua kali perintah “membaca” disebutkan: “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang Mencipta” (QS al-‘Alaq: 1); “Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia” (QS al-‘Alaq: 3).

Berkata Rasulullah SAW, ”Barangsiapa yang membaca satu huruf dari al-Qur`an maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan akan di lipat gandakan hingga sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan aliflâmmîm itu satu huruf. Namun, alif satu huruf, lâm satu huruf dan mîm satu huruf (HR  at-Tirmidzi).

Namun membaca seperti apa yang dimaksudkan oleh Allah dan Rasulallah? Dalam Alquran surat al-muzzammil ayat 4 : “…. Dan bacalah alquran dengan tartil.” Tartil disini diartikan sebagai perlahan-lahan. Menurut kamus tartil berarti membaca Al-Qur’an secara perlahan dengan tajwid dan makhraj yang jelas dan benar.

Sedangkan untuk dapat membaca alquran dengan benar, serta mengetahui semua hukum tajwidnya kita harus belajar baca Alquran terlebih dahulu. Mengenal huruf-huruf serta pengucapannya yang benar. Setelah itu belajar hukum tajwidnya. Bagaimana mungkin kita bisa mengamalkan alquran tanpa memahaminya? Dan bagaimana kita akan memahami jika kita bahkan tak mengerti apa yang terteulis dalam alquran? Belajar baca Alquran menjadi sangat penting sebagai langkah awal kita untuk bisa berinteraksi dengan al-quran.

WhatsApp chat WhatsApp Kami